Saturday, October 10, 2015

Ketahanan Semarang Terjaga Ditangan Para Pemuda

Menjadi Ibukota Jawa Tengah tertu bukan menjadi perkara yang mudah, banyaknya persoalan dan rintangan yang dihadapi namun bukan menjadi alasan Semarang untuk berhenti, Menjaga ketahanan kota merupakan prioritas utama. peran pemuda tentu dibutuhkan sebagai generasi penerus masa depan. perlu generasi hebat untuk membuat semarang semakin kuat, dengan pemuda ketahanan Semarang dapat terjaga, ditangan pemuda dengan tekad teguh Semarang menjadi tangguh.

   Sebagai salah satu kota terbesar di Indonesia sekaligus menjadi Ibukota Jawa Tengah tentu bukanlah menjadi hal yang mudah bagi Kota Semarang, mulai dari banjir rob, kekeringan seta krisis air bersis menjadi tantangan bagi Semarang. Dengan luas wilayah Kota Semarang mencapai 373,70 km2 yang terbagi atas 16 wilayah Kecamatan dan 177 Kelurahan, serta dengan jumlah penduduk lebih dari 1,5 juta jiwa tentu menambah sederet permasalahan Kota Semarang seperti jumlah pengangguran yang terus bertambah, perekonomian masyarakat yang tidak merata, serta masalah pendidikan dan kesehatan warga Semarang. Tentu pemerintah Kota Semarang terus berupaya untuk mengatasi berbagai macam persoalan mulai dari peningkatan pendidikan yang terus dilakukan hingga penanggulangan masalah bencana, dan dengan lolosnya Kota Semarang dalam seleksi 100 kota berketahanan atau 100 Resilent Cities (100RC), pemerintah menyusun strategi untuk mewujudkan ketahanan Kota Semarang dengan Progam Ketahanan Kota. namun upaya yang dilakukan pemerintah kota tentu masih belum optimal tanpa peran dari seluruh lapisan masyarakat Semarang, khususnya peran para pemuda yang akan menjadi generasi penerus bangsa.

    
Pentingnya Peran Pemuda
   Sebagai generasi penerus bangsa yang akan meneruskan generasi sebelumnya tentu pemuda menjadi aset berharga bahkan menjadi prioritas khusus Pemerintah Kota Semarang, ditangan pemuda inilah masa depan Semarang nantianya akan diwariskan, tentu generasi yang hebatlah yang dibutuhkan. Dengan banyaknya Guncangan dan Tekanan di Kota Semarang mulai dari guncangan seperti :banjir, kebakaran, wabah penyakit, dan kekeringan, hingga tekanan seperti ; krisis air bersih, banjir rob, kemacetan, pencemaran oleh sampah, serta kemiskinan dan pengangguran. maka dibuthkanlah peran pemuda secara menyeluruh untuk dapat mengatasi berbagai persoalan tersebut agar dapat mencapai ketahanan kota dari 100RC 4 dimensi utama, di mana yang satu berkaitan dengan yang lain. 4 dimensi itu adalah: Kesehatan & Kesejahteraan, Sosial & Ekonomi.

Kepedulian Terhadap Lingkungan & Sesama 
   Langkah awal dan sederhana yang dapat dilakukan untuk menghadapi berbagai macam Guncangan dan Tekanan dapat dimulai dari kepedulian terhadap lingkungan, dimulai dari diri sendiri untuk tetap menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan apalagi di sungai yang akan menyebabkan banjir karena air yang sulit mengalir dan meresap ke tanah, hingga langkah nyata membersihkan sungai dan jalanan dari sampah yang menimbun bersama dengan komunitas yang diikuti.


Membersihkan sungai dari sampah yang telah menimbun bersama dengan komunitas tentu dapat memberikan dampak nyata untuk mengurangi tingkat banjir yang dapat melanda kota Semarang, selain dapat membantu pemerintah untuk menciptakan Kota Semarang yang bebas banjir dan sungai yang bersih, kegiatan seperti ini tentu dapat mengisi waktu luang di akhir pekan sembari bertemu dengan rekan-rekan setelah penat bekerja di awal pekan.


Membersihkan sampah di jalan, taman, serta di ruang publik bersama teman kampus juga dapat menjadi alternatif, tentu selain asik juga dapat membantu membuat kota semakin bersih dan indah, agar dapat menciptakan suasana kota yang nyaman. tak usah takut dikatakan norak ataupun jorok karena memungkuti sampah-sampah yang berserakan, justru mereka yang hanya melihat tak punya rasa kepudilian terhadap lingkungan sekitar, mereka hanya peduli dengan diri sendiri. ketika melihat tempat umum serta jalanan bersih dari sampah tentu kita yang ikut membersihkannya tentu merasa bangga dan memiliki motivasi lebih untuk meneruskan dan menyebarluaskan kegiatan peduli lingkungan.


 
Membersihkan pantai dari sampah serta melakukan penanaman mangrove bersama rekan-rekan pecinta lingkungan dapat menjadi pilihan yang menarik selain kegiatan mendaki gunung, dengan menanam mangrove kita dapat membantu mengurangi resiko abrasi. tentu menjadi kebanggaan tersendiri ketika memberikan kontribusi untuk mencegah abrasi yang masih menjadi tekanan bagi Kota Semarang.

Menunjukkan kepedulian terhadap penderita HIV/AIDS serta dampak yang akan disebabkannya kepada masyarakat luas saat kegiatan CFD dapat menjadi bukti kepedulian terhadap masyarakat agar lebih peduli terhadap kesehatan, dengan langkah sederhana seperti ini diharapkan tingginya angka HIV/AIDS di Kota Semarang dapat menurun secara signifikan.


Sulitnya mencari pekerjaan yang layak untuk kota sebesar Semarang, membuat sebagian orang harus terpaksa menjadi pengamen dan pengemis, dengan memberikan bantuan dari hasil penggalangan dana kepada mereka yang membutuhkan dapat menjadi bukti kepedulian kita kepada orang-orang sekitar kita yang kurang beruntung, sekedar memberikan makanan yang bergizi untuk mereka sudah cukup berarti bagi mereka yang sehari-hari hanya makan seadanya dan kurang memperhatikan kesehatan mereka.

Melakukan gerakan untuk menghemat air dan listrik sebagai kepedulian terhapat Kota Semarang sebagai salah satu tekanan yang dihadapi dapat memberikan contoh yang baik untuk senantiasa menggunakan segala sesuatunya termasuk sesuatu yang terbatas dengan sebaik-baiknya. kebutuhan akan air bersih terutama masih menjadi persoalan di Semarang, apalagi saat musim kemarau yang dapat menyebabkan kekeringan.

  Selain contoh kegiatan-kegiatan diatas, masih banyak lagi yang bisa kita lakukan sebagai generasi muda yang akan mengemban tugas berat untuk menjaga ketahanan kota, mari kita wujudkan Progam Kota Semarang sebagai kota tangguh 100 Resilient Cities.


  Tentunya dengan bantuan, dukungan serta kontribusi dari seluruh lapisan masyarakat khususnya kita para pemuda dapat membantu mewujudkan Semarang menjadi kota yang tangguh yang mempu menghadapi berbagai macam guncangan dan tantangan. sehingga dapat menjadi contoh baik bagi kota-kota lain.

No comments:

Post a Comment